Banner adz

Cara Mudah Ternak Lobster Air Tawar

Apa kabar sobat ikan hias? pada postingan kali ini saya akan berbagi info mengenai beternak lobster air tawar (LAT).

Untuk membiakannya cukup mudah looh sobat, nah kita mulai saja ya, pertama-tama tentunya sobat harus tau dulu mana yang jantan dan yang betina.

untuk lobster jantan bisa di lihat dari tonjolan di kaki belakang (bawah perutnya) dan ada warna merah pada ujung capit nya, sedang kan yang betina di bawah perut pada kakinya tidak terdapat tonjolan, tapi ada bulatan di kaki ke 3 nya, juga tidak ada warna merah di ujung capitnya, nah bisa liat di gambar aja biar jelas.



kalau sudah bisa membedakan, tinggal pemijahan, siapkan tempat, bisa berupa kolam semen.
siapkan juga tempat untuk sembunyi lobster, karena lobster ini binatang yang pemalu, ngumpet mulu dia, hahaha...(bisa di buat dari paralon bekas)

nah jika sudah, masukan ke dua indukan janntan dan betina, dulu saya beli 1 set itu 3 jantan 4 betina. tapi sobat boleh kok dengan 1 jantan dan 1 betina, gak apa-apalah, yang penting nanti bisa dulu menernakannya, biar lobster sobat tambah banyak.

setelah di campurkan, biarkan beberapa hari untuk memijah, biasanya perkawinan malam hari, nah jika ritual perkawinan sudah, maka selanjutnya indukan betina akan menggendong telur



biasanya ekor betina akan menggulung terus, untuk melindungi telurnya. kita bisa pisahkan indukan jantannya agar tidak mengganggu betina.
setelah beberapa minggu, telur akan menetas, dan masih di gendong oleh betina,


jika kuning telur pada anak lobster habis, maka mereka mulai keluar dari perut indukan, dan mulai mencari makan, nah jika anakan sudah banyak yang keluar tapi sebagian masih ada di perut, maka kita bisa bersihkan anakan di perut indukan betina agar terlepas dari perutnya.

jika sudah, bisa pisahkan indukan betina, dan biarkan anakan di kolam. beri makan agar cepat besar, biasanya saya kasih pelet, tapi jangan terlalu banyak ya, nanti malah mabok, hehehe


oke sobat demikian info tentang cara mudah ternak lobster air tawar, semoga bermanfaat buat sobat dan bisa menambah koleksi sobat. sampai jumpa lagi :)

0 Response to "Cara Mudah Ternak Lobster Air Tawar"

Posting Komentar

Advertisement